Table of Content

Sunday, May 5, 2013

Miskom alias miscommunication

Berikut adalah beberapa cerita atas nama miskom karena beda bahasa selama perjalanan di Korea. What a wonderful moments that were too good to be forgotten!


 Banana Milk
Saat sedang menyusuri jalan di Insadong, Ngongo berkata sambil menunjukkan foto di hapenya, “yuk, kita cobain minuman wajib orang korea! Minuman ini enak banget katanya dan laku banget disini! Banana Milk!” Semua setuju dan mencari minuman wajib tsb.

Kami menyusuri gang-gang sempit di Insadong dengan deretan restoran atau lebih tepat dibilang kedai, dan berhenti disalah satu kedai yang menjual snack korea seperti fish cake dan “sate2an” yg direbus. Banana Milk yg dimaksud tertata dengan rapi disalah satu meja disana. Terjadilah percakapan dengan ahjussi penjual sbb:
Alice: do you have the cold one? (sambil memegang banana milknya)
Ahjussi bengong dan menatap nanar
Ngo: cold! Cold! From fridge! (padahal jelas disana gak ada kulkas) sapa tau ada kulkas tersembunyi dibalik meja? Who knows?

Ahjussi tiba tiba seperti mengerti dan memberikan beberapa buah….sedotan! kepada kami..
Kami berenam, yak! Kami berenam bengong dan pandang2an…
Kemudian Ahjussi tsb memeragakan cara menyolok sedotan itu kedalam botol dan ditambah dia memperagakan cara menyedotnya dengan sepenuh tenaga! Gubrak! Wakakak! sampai pipinya kempot2 gitu boo! :p
Salah seorang pelanggan yang sejak tadi duduk disitu membantu kami, “Aisuuu?? You mean ice?”
Kami mengangguk semangat, dan lalu pelanggan disitu menjelaskan ke ahjussi dan akhirnya kami mendapat jawaban ‘tidak ada yg dingin’..well, kami melangkah pergi dari sana dan tertawa sepanjang jalan melihat gaya ahjussi yang memperagakan cara minum banana milk tsb.

  Soju buah
Ok, malam sudah larut dan kami sedang jalan pulang ke tempat kami menginap di daerah Bukchon, dan mampir kesebuah mini mart, maksudnya mau membeli sebotol soju yg tersohor itu. Ketika aku melihat ke dalam cooler ternyata soju itu ada beberapa jenis. Bingung mau yang mana, aku bawa dua botol soju ke kasir dan bermaksud untuk bertanya bedanya apa sih..kasirnya seorang pemuda yang lumayan manis dan tinggi dan ternyata berbicara bahasa Inggris cukup fasih..namun…ahem..ahem..
A: Hello! I want to know what is the difference between this bottle and this one?
K: oh! This one is stronger, it tastes a bit bitter, like vodka! And this one is a bit mild.
A: oh ok! I also notice there are several different bottles inside the fridge, the blue one and many others..
K: yes, it’s only the alcohol level that makes the difference.
A: I see! Well, I want to try the lightest one. Do you have the fruity taste?
Cashiernya sempat tersipu-sipu malu. Gw bingung donk, ini kenapa ya dia pake tersipu-sipu? Lalu dia menjawab “I’m sorry it’s not possible, I’m just a part timer here!”
Giliran gue yang bengong, dan berusaha mencerna maksudnya, namun gw jawab “oh ok! I take this one then.”
*bengong* busyet, jangan2 dia mikir “do want to accompany me drinking soju?” gubraaakk..tidaakkss!!!


No comments:

Post a Comment